Forkompimda Himbau Masyarakat Tidak Berobat di Praktek Sukran

Kategori : Keagamaan Jumat, 02 Juni 2017

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Aceh Selatan menghimbau masyarakat tidak mendatangi praktik pengobatan Sukran di Gampong Pawoh, Kecamatan Labuhanhaji.

Pasalnya, MPU Aceh Selatan telah mengeluarkan rekomendasi tentang pengobatan yang dilakukan oleh saudara Sukran dinyatakan menyimpang dari ajaran agama Islam. Selain diduga menyimpang, praktik perdukunan tersebut juga tidak memiliki izin.

Himbauan tersebut disampaikan Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Selatan, Muhammad Rasyid,S.Ag sebelum mengakhiri khutbah Jum’at, di Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Jumat (2/6/17). “Himbauan ini perlu di sebarluaskan agar masyrakat nantinya tidak sampai terjebak,” terangnya

Menurutnya, rekomendasi adanya indikasi penyimpangan yang dilakukan oleh Sukran sudah diserahkan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Selatan ke Pemkab Aceh Selatan dan diteruskan ke MPU provinsi untuk ditentukan sesat atau tidak karena yang berhak menentukan sesat atau tidak adalah MPU Provinsi.

Lebih lanjut Kadis SI M. Rasyid menerangkan bahwa MPU Aceh Selatan sudah memanggil Sukran ke Sekretariat. Saat dimintai keterangan Sukran mengisahkan bahwa pengobatan yang dilakoni setahun lalu.

Sebagaimana dikutip Rasyid bahwa Sukran menuturkan bulan ramadhan 1437 hijriah yang lalu, dia kemasukan roh berbadan besar dan berjubah putih dan dirinya dibawa naik ke langit dan dibelah dadanya untuk dimasukkan kalamullah Alquran kedalam dadanya. “Bahkan dia mengaku berjumpa langsung dengan Allah dan melihat surga dan neraka,” ujar M Rasyid

Selain itu Rasyid mengatakan beberapa waktu lalu, juga pada hari Jum’at, Sukran beserta tiga temannya datang ke Mesjid Agung Istiqomah Tapaktuan untuk melaksanakan shalat Jum’at.

“Setelah mempraktikkan cara shalat yang tergolong aneh dan saat khatib akan naik ke mimbar, Sukran serta tiga pangawalnya meninggalkan masjid sebelum shalat jum’at berlangsung dan sempat membuat risih jemaah yang lain,” ujar Rasyid. (qrt)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32