Bupati Hadiri Haul ke 35 Abuya Djailani Musa

Kategori : Keagamaan Kamis, 01 Februari 2018

Bupati Aceh Selatan HT. Sama Indra,SH berserta pejabat teras di jajaran pemerintahan kabupaten aceh Selatan menghadiri acara peringatan haul ke 35 wafatnya ulama kharismatis Aceh Selatan Abuya Syech H. Djailani Musa, Kamis (1/02/18).

Acara tersebut juga dihadiri ribuan santri dan umat muslim lainnya dari berbagai pelosok Aceh Selatan maupun dari luar seperti daerah. Juga hadir Anggota DPR Aceh M. Saleh dan Tgk.Syarifuddin, anggota DPR Kabupaten Aceh Selatan, Kapolres AKBP Dedy Sadsono, ST, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol.Kav. Hary Mulyanto, para kepala SKPK jajaran Setdakab dan pimpinan pondok pesantren yang berada di Aceh Selatan dan daerah lain termasuk dari Siantar Sumatra Utara. di komplek Ponpes Darussa’adah, Gampong Limau Purut, Kec.Kluet Utara, Kab. Aceh Selatan.

Peringatan Haul ke 35 itu diisi dengan rangkaian doa bersama dipimpin Tgk. H. Hasbi Nyak Diwa, Pimpinan Ponpes Darurrahmah, Kota Fajar, Kec.Kluet Utara, dan pembacaan raja seulawet, dipimpin Abon Matangkuli.

Bupati Aceh HT. Sama Indra,SH dalam pidatonya mengatakan, sebagai warga Aceh Selatan, kita harus bangga dengan lahirnya banyak ulama tua dari Labuhanhaji, Kluet Utara dan Bakongan. “Mari kita jaga marwah ulama dan pesantren yang ada di Aceh Selatan. Perhatian pemerintah kepada pasantren tidak hanya pembanguan sarana fisik yang bagus anmun dibarengi tunjangan operasional para dewan guru. Untuk itu Pemkab Aceh Selatan, melalui APBK 2018, sudah menganggarkannya,” terang bupati.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu padu, baik ulama dan umara serta seluruh masyarakat untuk membangun aqidah Islamiyah yang kokoh, supaya Aceh Selatan terbebas dari ajaran sesat dan menyesatkan yang mulai menyerang umat islam.

Ketua Panitia Penyelenggara Tgk Lukman MZ mengapresiasi seluruh undangan yang telah berkenan hadir dalam rangka Haul ke 35 Abuya Tgk.Syech H Djailani Musa dan dirangkaikan dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.
“Alm Abuya Syeh H Djailani Musa, lahir thn 1910 dan tutup usia thn 1983. Beliau merupakan pendiri Dayah Darussa'adah yg murid-muridnya sebahagian besar telah mendirikan dayah, dalam wilayah Kleut Raya,” terangnya

Lebihlanjut diutarakannya, semasa hidup alm. Abuya merupakan sosok ulama yang dicintai, dimuliakan serta disegani karna sangat tangguh dan istiqamah dalam memperjuankan pengajian, sekalipun dijalaninya tanpa dana yang memadai. Tapi santri- santrinya sangat betah dan tekun menimba ilmu bersama beliau.

Abuya H Djailani merupakan murid Syech Muda Waly yang menganut paham Ahlussunnah Waljama'ah dalam aqidah dengan bermazhab Syafie dalam syariah dan tariqat Naqsyabandiyah dalam bidang tasauf. (qrt).

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32