Sekda : Camat Wajib Mengawasi Pemerintahan Desa

Kategori : Pemerintahan Rabu, 04 April 2018

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang desa pasal 98 ayat (2) dan pasal 102, mengisyaratkan bahwa camat wajib membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan lembaga kemasyarakatan.

Demikian dikatakan Plt. Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, S.Sos,MM yang disampaikan Sekdakab H. Nasjuddin, SH,MM dalam pidatonya pada acara antar tugas Camat Meukek Rafli, SH dan Camat Labuhahhaji Timur M . Nur, SH di kantor camat Labuhanhaji Timur dan Meukek di gedung pertemuan Meukek, Rabu (4/4).

Dihadapan kepala SKPK jajaran Pemkab Aceh Selatan, Muspika setempat dan para undangan lainnya, Sekda Nasjuddin menegaskan, dalam hal penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa.

“Camat mempunyai peranan yang sangat penting, sebab hirarki pemerintahan kecamatan merupakan salah satu lembaga supra desa, yang mana salah satu tugasnya adalah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan desa/gampong dalam rangka tertib administrasi pemerintahan,” katanya seraya berharap camat mampu sebagai pengayom, pembina bahkan teladan bagi masyarakat dalam wilayah kerjanya masing- masing.

Hal tersebut perlu dilakukan agar akselerasi program pembangunan suatu wilayah dapat terwujud dan mampu untuk mengimbangi daerah lain yang telah lebih dulu maju dengan berupaya secara maksimal menggali potensi-potensi diberbagai bidang guna mensejahterakan masyarakat luas sebagai salah satu tanggungjawab moral dan sosial birokrat sejati.

Pada kesempatan itu Sekda juga menyampaikan pergantian pimpinan atau jabatan dalam sebuah organisasi adalah merupakan siklus yang normal dan sehat. Sebab, melalui penyegaran tersebut dapat membangkitkan semangat dan kreativitas serta inovasi dari seorang pemimpin.

Se4kda berpesan kepada kedua camat yang baru untuk mampu membangun sinergisitas antara pimpinan dan masyarakat, yang mendapat dukungan positif dari segenap komponen masyarakat.

Partisipasi dan peran aktif masyarakat sangat diharapkan demi mendukung langkah-langkah kebijakan yang diambil camat. kami juga menitipkan harapan kepada masyarakat agar membantu dan mendukung kepimimpinan beliau selama memangku jabatan camat tersebut,” pungkasnya (qrt).

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32