Bupati Hadiri Debat Kandidat Pilkada Aceh Selatan

Kategori : Pemerintahan Rabu, 11 April 2018

PLT. Bupati Aceh Selatan Kamarsyah. S.Sos. MM menghadiri acara debat kandidat perserta pilkada Aceh Selatan 2018 digedung DPRK setempat jalan Syech Abd Rauf Tapaktuan, Rabu (11/4).

Kehadiran Kamarsyah di acara lima tahun sekali itu turut didampingi Sekdakab H. Nasjuddin, SH, MM beserta unsur forkompimda, anggota DPRK Aceh Selatan dan para pendukung masing-masing pasangan calon.

Debat kandidat yang dimulai pukul 14.00 wib dan berakhir sekira pukul 16.00 Wib itu tersebut diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan yang disiarkan langsung secara nasional melalui station televisi swasta berjalan lancar meskipun diwarnai peringatan dari pembawa acara agar pendukung calaon yang ada diruangan untuk dapat tertip.

Debat kandidat diikuti tujuh pasangan calon (Paslon) antara lain 1). Husin Yusuf dan Mustafril (Humus) 2). Azwir dan Amran (Azam) 3) Zulkarnaini dan M. Yassa 4). Darman dan Baital (Damba) 5) T, Sama Indra dan Harmaini (Putih) 6). Mirwan dan Zirhan (Mizan) serta 7). Karman dan Afdal.

Fandi Hasib selaku pembawa acara dan menghadirkan tiga panelis antara lain, Syaiful Mahdi, S.Si,M.Sc. Ph.D ketua program studi Statiska Unsyiah Banda Aceh dan Saifuddin Bantasyam,SH MH Unisyiah masing-masing unsur akademisi. Selanjutnya Afridal Darmi, SH, LLM Ketua Komisi untuk Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh.

Debat dibagi dalam enam sesi dimulai dari pemaparan visi misi paslon, menjawab pertanyaan dari panelis, memberi dan menjawab pertanyaan sesama calon yang disesuaikan dengan nomor undian kemudian pernyataan kenapa pasangan calon layak dipilih.

Selanjutnya pada sesi kelima dan dan keenam di pandu oleh Syaiful Mahdi dengan menjawab pertanyaan panelis tentang rencana penanganan tentang situasi aceh selatan kekinian dan sesama paslon kembali bertanya dan menjawab serta memberi tanggapan.

Tampak ketujuh pasangan calon cukup rilek dalam menghadapi acara debat ini ditandai dengan pertanyaan dan jawaban dari paslon nomor urut 1 yang sekali-kali mengundang tawa.

Acara debat kandidat selama dua jam itu mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian yang di backup TNI. Para pengusung pasangan calon yang tidak dapat masuk arena debat, kembali stanby di postim masing masing. (qrt).

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32