Bupati Buka Orientasi Penyusunan RPJMK Aceh Selatan

Kategori : Pemerintahan Selasa, 09 Oktober 2018

Acehselatankab- Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) wajib disusun untuk mendapatkan pedoman dan arahan yang jelas dalam menjalankan roda pembangunan daerah.

Sebagai langkah awal pelaksanaan tugasnya, Bupati diwajibkan menyusun RPJMK sebagai pondasi perencanaan pembangunan 5 tahun ke depan merupakan penjabaran dari visi-misi dan program kepala daerah, sesuai Sistem perencanaan pembangunan nasional dan penyusunannya berpedoman kepada RPJM Aceh serta RPJM Nasional.

“Karenanya, RPJMK ini harus dapat memberikan gambaran secara jelas visi dan misi, tujuan dan strategi serta arah kebijakan pembangunan yang telah kami paparkan kepada masyarakat,” kata Bupati Aceh Selatan H. Azwir, S.Sos saat membuka acara Orientasi Penyusunan RPJMK Aceh Selatan periode 2018-2023 di Aula Bappeda, Jalan T. Ben Mahmud, Tapaktuan, Senin (08/10/18).

Kata dia, dihadapan peserta orientasi dari seluruh SKPK dan tim ahli dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh itu, RPJMK akan mendorong terbangunnya keserasian terkait proses, konteks, dan isi dalam penyusunan dokumen perencanaan melalui kesepakatan pendapat diantara pihak-pihak yang terlibat serta memperhatikan akurasi data. Didukung data akurat RPJMK dapat dipersiapkan dalam waktu relatif singkat.

Menurutnya, proses penyusunan rancangan RPJMK telah dimulai sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan melibatkan seluruh stakeholder yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri no: 86/2017 dengan tahapan Persiapan penyusunan; Penyusunan rancangan awal; Pelaksanaan Musrenbang; Perumusan rancangan akhir diakhiri Penetapan.

Pada kesempatan itu Bupati Azwir menyampaikan harapannya kepada para kepala SKPK untuk bekerja maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan dengan cara berkomunikasi dan menjalin hubungan baik kepada SKP Aceh untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan.

Selain itu dia meminta kepala SKPK memberdayakan SDM yang ada dan mempersatukan konsep guna mempercepat program peningkatan ekonomi masyarakat, dan fokus mengembangkan ekonomi masyarakat tanpa menafikan pembangunan dari bupati sebelumnya.

Dipenghujung sambutannya Bupati Azwir menerangkan pelibatan tim ahli dari Unsyiah dalam hal ini guna percepatan perencanaan pembangunan serta mendampingi Bappeda untuk tersusunnya dokumen RPJMK dan pelaksanaannya ke depan. (Qrt)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32